Info Lengkap Mengenal Musang Pandan


Toupil - Musang pandan merupakan salah satu mamalia pemangsa yang berasal dari suku Viverridae. Umumnya, musang merupakan hewan nocturnal (aktif di malam hari). Hewan ini biasanya banyak ditemukan di permukiman desa maupun perkotaan dan merupakan hewan pemanjat. Hewan ini tinggal di antara pepohonan, atap rumah, dan sesekali turun ke tanah.

Lantas kenapa dinamakan musang pandan? Hal ini dikarenakan aroma yang dikeluarkan oleh tubuh musang ini menyerupai aroma daun pandan, bahkan saking menyengatnya bau tersebut dapat menimbulkan rasa muak. Selain musang pandan, nama lain dari jenis musang ini pun banyak antara lain musang luwak, musang pulut (Malaysia), careuh bulan (Sunda), common musang dan masih banyak lagi.

Musang ini dianggap sebagai predator dan hama yang meresahkan masyarakat karena sering memangsa ayam dan unggas ternak warga setempat. Akan tetapi, sekarang musang pandan mulai dilirik untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah karena dinilai lucu dan menggemaskan.

Fakta Mengenai Musang Pandan

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai musang pandan ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu fakta-fakta menarik mengenai hewan ini yang cocok dipelihara ini, simak beberapa faktanya di bawah ini.

Musang Pandan Suka Digendong

Musang pandan ini sangat suka sekali digendong, lho! Apalagi jika diletakkan di atas pundak manusia, mereka akan merasa nyaman di atasnya karena sifat dasar mereka yang hidup di atas pohon atau abroreal dan menganggap pundak ada sebagai pohon.

Kotorannya Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Di pasaran internasional, harga dari kotoran hewan ini memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini tak lain karena manfaatnya, sistem pencernaan musang yang singkat mengakibatkan kotorannya yang tidak dicerna dengan baik, akibatnya musang akan mengeluarkan kembali makanannya yang berupa biji kopi. Biji kopi yang dihasilkan dari kotoran musang terkenal lezat, berkualitas, dan kaya akan manfaat. Itulah mengapa harga kopi luwak tergolong mahal.

Manja dan Setia Terhadap Pemiliknya

Hewan ini termasuk hewan liar, namun jika telah dijinakkan maka mereka akan menjadi hewan peliharaan yang manja dan setia layaknya anjing atau kucing. Ia cenderung akan mengikuti kemanapun pemiliknya dan bergelayut manja.

Mengeluarkan Aroma Tubuh yang Khas

Sesuai dengan namanya, keunikan dari musang ini adalah dapat mengeluarkan aroma menyerupai daun pandan. Akan tetapi, mereka kerap kali mengeluarkan aroma yang begitu pekat sehingga memuakkan anda dalam menciumnya.

Aktif di Malam Hari

Musang pandan merupakan hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, biasanya mereka akan bersembunyi atau tidur meski tetap beraktifitas.

Popular posts from this blog

Info Lengkap Elang Jawa atau burung garuda

Wamen BUMN soal Belanja Pertamina: Itu Ditanyain Pak Luhut Terus

Info Burung Gould Amadin